Cara Kreator Pemula Menyusun Script Konten TikTok
Menyusun Script Konten TikTok - Halo kreator pemula, apakah Anda pernah merasa bingung untuk membuat sebuah konten?
Jangan khawatir ya, pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi informasi cara mudah menyusun script konten untuk kebutuhan aktivitas konten Anda di TikTok.
Sebelum kita mulai, mari kita bahas pertanyaan umum seputar script konten TikTok, meliputi.
- Apa itu Script Konten TikTok?
- Mengapa Script Konten TikTok penting?
- Apa manfaat Menyusun Script Konten TikTok?
Itulah beberapa pertanyaan umum yang akan kita bahas satu persatu.
Yuk, langsung saja simak penjelasannya.
Apa itu Script Konten TikTok?
Script dalam bahasa Indonesia artinya naskah atau tulisan, sedangkan kalau kita mengartikan script konten TikTok artinya kumpulan tulisan atau naskah untuk membuat cerita atau peristiwa berbentuk foto atau video dengan audio secara terencana kemudian dibagikan kepada audiens di TikTok.
Mengapa Script Konten TikTok penting?
Menurut Saya bagian ini sangat penting sebelum Anda ke tahap membuat konten karena dengan script konten ini membantu Anda lebih mudah menciptakan sebuah konten yang berkualitas mulai dari pembuka hingga penutup.
Apa manfaat Menyusun Script Konten TikTok?
Banyak sekali manfaatnya, meliputi.
- Anda bisa mendapatkan hasil konten yang maksimal.
- Membangun atensi audiens terhadap konten-konten Anda sajikan.
- Punya konten yang terstruktur dengan baik dan menarik.
- Melihatkan profesionalitas Anda.
- Merasa senang dan bahagia dengan konten Anda sajikan.
- dan masih banyak yang lainnya.
Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat menyusun script konten TikTok sebelum konten Anda sajikan kepada audiens.
Oke, langsung saja yuk kita membahas bagaimana cara menyusun script konten yang terbaik untuk kreator pemula.
Cara Menyusun Script Konten TikTok
Berikut ini adalah langkah-langkah dan tips menyusun script konten di TikTok yang terbagi menjadi dua tipe karakter kreator, sebagai berikut.
Kreator Umum (Personal)
Kreator umum ini biasanya menyusun script TikTok hanya untuk personal branding atau membangun atensi audiens terhadap konten-konten yang mereka berikan.
Misalnya, edukasi seputar kesehatan.
Langkah-langkahnya cukup mudah, pertama itu Anda harus memberikan kalimat pembuka atau introduction.
Misalnya, menarik perhatian dengan sapaan Halo, semua kembali lagi dengan Saya bla bla bla.
Selesai menyapa, Anda langsung mengacu kepada isi konten atau topik pembicaraan dengan gaya Story Telling atau membuat sebuah kejutan yang membuat penasaran hingga menarik atensi penonton.
Lalu, Anda tutup dengan kalimat ucapan Terima kasih sudah menonton bla bla bla atau kreatifitas Anda punya.
Nah, di sini Anda jelaskan secara singkat namun berisi dan mudah dipahami agar penonton tertarik untuk melihat konten Anda lebih lama.
Kreator Bisnis (Jualan)
Sedangkan, untuk kreator bisnis ini biasanya mereka menyusun script konten di TikTok hanya untuk berjualan seperti pedagang dan affiliator yang terdaftar di program afiliasi TikTok.
Nah, berikut ini Saya akan membagikan langkah-langkah dan tips menyusun script konten tiktok khusus penjual.
Yuk, kita simak bersama alurnya!
Identifikasi Masalah Penonton
Misalnya, subjek Anda adalah seorang wanita dan masalah wanita pasti berkaitan dengan kecantikan, iya kan?
Nah, pada awal video konten yang Anda mau buat sajikanlah sebuah kalimat yang bikin nge-hook atau kejutan.
Seperti kalimat Wajah kulit Anda kusam? Jerawatan?
Atau bisa juga kalimat lain, sesuai dengan kreativitas Anda sebagai kreator.
Solusi Produk
Pada bagian ini Anda menunjukan beberapa barang yang dijual sebagai solusi.
Misalnya, Eits! Jangan galau ya, yuk pakai produk ini bla bla bla (sambil menunjukkan produk), murah banget dan dijamin asli!
Nah, pada detik selanjutnya Anda harus menjelaskan.
Manfaat Produk
Misalnya, Produk kecantikan ini sangat nyaman dan aman saat dipakai bahkan tidak mengandung bahan-bahan aneh
Selain itu, Anda juga harus
Tekankan Produk itu Bagus
Di sini Anda ucapkan sebuah kata-kata manis atau menyakinkan.
Misalnya, sangat rekomended banget!
Lalu,
Jelaskan Mengapa Harus Pesan Sekarang
Di mana Anda menjelaskan kenapa audiens harus memesan produk Anda sekarang.
Misalnya, mumpung lagi diskon nih yuk pesan sebelum kehabisan!
Terakhir, Anda harus
Arahkan Pada Produk Anda
Panggil mereka untuk melakukan aksi.
Misalnya, yuk cek keranjang kuning di bawah atau pilih tanda panah dan lain-lain.
Itulah cara menyusun script untuk penjual atau kreator dengan fokus bisnis.
Catatan: Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda lakukan riset dengan toko daring lain, cek deskripsi mereka, ambil sebagai contoh sampel untuk mempromosikan seperti manfaat dari produknya.
Oh Iyah, pilih juga kreator favorit jualan Anda agar nanti Anda bisa amati, tiru dan modifikasi konten mereka.
Oke, itulah langkah-langkah membuat script konten TikTok yang bisa Anda ikuti dan selamat mencoba ya.
Berapa durasi yang dihasilkan dari Menyusun Script Konten TikTok?
Untuk durasi berbeda-beda tergantung dari kesesuaian kreator TikTok menyajikan konten.
Durasi terbaik untuk konten di TikTok , baik untuk promosi yaitu sekita 15 sampai 30 detik dan paling lama 3 sampai 5 menit.
Macam-Macam Emosi Manusia Acuan Menyusun Script Konten TikTok
Emosi manusia adalah kunci utama pemahaman Anda sebagai kreator agar lebih mudah mengambil hati dan daya tarik audiens sehingga audiens tertarik membeli produk Anda jual atau mengikuti kegiatan Anda di TikTok melalui konten Anda sajikan.
Biasanya sih ada script seperti ini di dalam konten Mantan senang banget nih gara-gara bantal di kamarnya padahal harga cuman lima puluh ribuan.
Script ini menekankan tentang orang lain yang senang kepada kita.
Dan ada juga Script sekarang yang sedang ramai Bosku akhir ini marah terus gara-gara stok baju menumpuk di gudang, akhirnya kita akan diskon besar-besaran.
Nah, script ini menekankan tentang orang lain yang marak kepada kita.
Jadi, pada intinya seperti itu sih kalau mau lebih mendalami.
Berikut ini ada enam emosi dasar manusia dan turunannya bisa Anda pakai membuat kata kunci di script Anda, meliputi.
Emosi Bahagia
Emosi ini ada puas, riang, bangga, damai, untung, bersyukur dan bersemangat.
Contohnya Saya sekarang lega pacarku tidurnya nyenyak sekali karena pakai piyama dari bla bla bla.
Emosi Sedih
Pada emosi satu ini ada malu, kecewa, berduka, kesepian, terlantar.
Contohnya Dulu istriku malu jalan-jalan dengan celana robek, tapi sekarang istriku sudah tidak lagi malu karena celana yang keren di keranjang kuning.
Emosi Jijik
Emosi yang ada muak, risih, penat, bosan.
Contohnya bisa Anda bayangkan sendiri yah.
Emosi Marah
Ada rasa kesal, benci, murka, iri, cemburu dan masih banyak lagi yang lainnya.
Emosi Takut dan Emosi Terkejut
Emosi takut ada ngeri, tersiksa, wasapada dan lain-lain.
Sedangkan emosi terkejut ada heran, terpesona dan tertipu.
Nah, itulah beberapa macam emosi manusia, dengan menggunakan tips ini, semoga Anda dapat membuat konten di TikTok menjadi menarik dan berkualitas.
Kesimpulan
Dalam artikel ini, kita sudah bersama-sama membahas penjelasan bagaimana cara kreator pemula menyusun script konten TikTok khususnya untuk personal dan bisnis.
Akhir kata dari Saya, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.
Semoga membantu.
Post a Comment for "Cara Kreator Pemula Menyusun Script Konten TikTok"